People Innovation Excellence

Model Tata Kelola Komputasi Hijau di Universitas Bina Nusantara

Judul Model Tata Kelola Komputasi Hijau di Universitas Bina Nusantara

(Research SI-2012-12)

Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Hudiarto, Ir., MM
Anggota Peneliti Argogalih SE., MM; Nuril Kusumawardhani Soeprapto Putri, ST., MM

 

RINGKASAN DAN SUMMARY

 

Tata kelola komputasi hijau yaitu penggunaan system dan teknologi informasi yang ramah lingkungan di lingkungan kampus di Indonesia masih sangat langka. Kegiatan kampus yang padat dengan proses belajar mengajar tidak terlepas dari dukungan system dan teknologi informasi, bahkan tidak bisa dipungkiri bahwa system dan teknologi informasi tersebut menjadi telah tulang punggungnya. Sudah banyak penelitian yang dilakukan tentang hal ini, namun peneliti belum menemukan tata kelola komputasi hijau yang sesuai untuk kampus khususnya kampus-kampus di Indonesia yang padat dengan system dan teknologi informasi. Penelitian yang bersifat multi tahun ini dilakukan dengan  riset tentang berbagai tata kelola yang diusulkan oleh banyak penelitian terdahulu dan peneliti bertujuan menghasilkan model tata kelola komputasi hijau serta menarik kesimpulan hasil-hasil selama pengimplementasian strategi yang terkait dengan isu ramah lingkungan. Peneliti punya keyakinan bahwa model tata kelola yang dihasilkan dapat dipakai oleh banyak perguruan tinggi lainnya untuk melakukan usaha yang ramah lingkungan atas penggunaan system dan teknologi informasi. Dengan demikian penghematan energi, penanganan limbah sistem dan teknologi informasi menjadi terkendali serta ancaman bahaya racun yang bisa mengganggu kesehatan dapat dihindari. Hasil penelitian akan diajukan sebagai jurnal nasional maupun internasional dan hak cipta dan kekayaan intelektual.

 

Kata Kunci: Komputasi Hijau, Model Tata Kelola Komputasi Hijau, Universitas Bina Nusantara 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close