People Innovation Excellence

Aplikasi Model Problem Based Learning untuk meningkatkan proses pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia

Judul Aplikasi Model Problem Based Learning untuk meningkatkan  proses pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia (Research SI-2012-10)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Hendra Achmadi  S.Kom., MM., Macc. RFP® CBA®
Anggota Peneliti Johan S.Kom, MM; Jj.Rolles Herwin Sihombing

 

RINGKASAN DAN SUMMARY

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apa pengaruh pola belajar Non PBL dan PBL dan faktor apa yang mempengaruhi pemahaman siswa dalam kelas PBL dalam mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, berbasis pada masalah atau problem yang dikenal dalam Problem Based Learning atau PBL agar dapat  menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi unggul dalam melakukan analisa dan perancangan berbasiskan object oriented, sehingga mampu bersaing di pasar tenaga kerja global.  Didalam penelitian ini akan dilakukan penerapan pola pembelajaran dengan menggunakan case yang ada didalam metode  problem based learning.Dan yang kedua akan dilakukan penilaian mahasiswa dalam kelas yang Non PBL dan Kelas PBL, dan yang kedua dalam kelas PBL juga diteliti factor-faktor apa yang mendorong proses pembelajaran mahasiswa dalam problem based learning, apakah materi, suasana kelas atau dosen yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa khususnya dalam hal ini dilakukan dalam mata kuliah analisa dan perancangan sistem informasi berbasiskan object oriented .Diharapkan dengan keberhasilan dan efektivitas model PBL dalam mata kuliah ini, dapat dijadikan rujukan untuk pengembangan model pembelajaran pada mata kuliah lain, dan Jurusan-Jurusan serta Fakultas-Fakultas lain  sesuai dengan karakteristik masing-masian ng dalam upaya mewujudkan sasaran strategis Universitas yaitu  Global Employeeability.

 

Kata Kunci : Non PBL, PBL, Faktoi Pembelajaran,  Object Oriented


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close