People Innovation Excellence

Accounting Information System

Accounting Information System merupakan sebuah sistem yang akan memproses dan mengolah inputan data transaksi menjadi sebuah informasi keuangan yang merupakan output dari Accounting Information System. Transaksi yang diolah dalam Accounting Information System beberapa di antaranya :

(1) Penjualan produk atau jasa dari customer

(2) Pembelian bahan baku kepada supplier

(3) Penerimaan kas dari customer

(4) Pengeluaran kas kepada supplier

(5) Pengeluaran kas untuk sistem payroll

Informasi yang dihasilkan dari transaksi tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam memecahkan permasalahan, serta meraih goals dan opportunities dalam perusahaan. Informasi tersebut nantinya juga dapat diolah menjadi knowledge yang akan berguna dalam decision making, serta dapat mengatasi permasalahan dalam bisnis, atau untuk keperluan strategic perusahaan. Untuk melakukannya, sebuah sistem informasi akuntansi akan membutuhkan berbagai resource seperti people, process, dan technology. People merupakan orang yang mengolah data atau menerima informasi, sedangkan proses merupakan prosedur dalam business process yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan dalam perusahaan, dan technology merupakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk dapat mengolah data menjadi informasi (seperti misalnya hardware, software, dan network).

Untuk dapat membangun sebuah accounting information system, seseorang memiliki skill dan kompetensi dalam hal business, technology, accounting, dan interpersonal. Untuk itu, mahasiswa Accounting Information System akan dibekali mata kuliah yang terkait dengan empat kompetensi tersebut. Mata kuliah yang terkait dengan business, beberapa di antaranya : Information and Business Process, Introduction to Management and Business. Mata kuliah yang terkait dengan technology, beberapa di antaranya : Computer Network, Programming, Algorithm, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi. Mata kuliah yang terkait dengan accounting, beberapa di antaranya : Accounting Principles. Mata kuliah yang terkait dengan kemampuan interpersonal, seperti mata kuliah Character Building. Untuk itu, jurusan Accounting Information System yang ada di School of IS senantiasa melakukan continuous improvement pada kurikulum serta mata kuliah yang ada dengan harapan untuk mempersiapkan lulusan agar dapat menjadi seorang lulusan Binusian yang smart and good yang siap bekerja di perusahaan nasional maupun perusahaan multinasional. Lulusan Accounting Information System dapat menjadi :

(1) AIS Analyst yang akan bertanggung jawab dan terlibat dalam project system development.

(2) AIS Consultant yang akan memberikan konsultasi kepada pengguna teknologi informasi/komputer di bidang akuntansi

(3) IS/IT Auditor

 

Salam,

Sugiarto Hartono (D3517)

Subject Content Coordinator – Accounting Information System

School of Information System,  BINUS University

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close