People Innovation Excellence

From Zero to Hero: How to Become a Good Role Model

Acara yang diadakan Pada hari Senin 27 Agustus 2012 di ruang Auditorium lantai 4 dari Pukul 13.20 hingga 17.30 sore ini, sangat meriah dan hangat kebersamaan dirasakan oleh para sesama BC (sebanyak 294 Buddy Coordinator) dan juga para pejabat BINUS University yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Kepala Department/Jurusan, Manager SCDC, SAC, dan lain sebagainya.

Acara ini sebetulnya adalah acara Pelantikan Buddy Coordinator (BC) untuk para Binusian 2016, namun sebelum acara pelantikan dimulai panitia menyelenggarakan acara TalkShow yang sangat seru dan menarik. Tema TalkShow yaitu “From Zero to Hero: How to Become a Good Role Model”; Talkshow yang dibawakan oleh Pak Ganjar sebagai Moderator dan para pembicara yaitu Bapak Rektor BINUS University, Pak Freddy Purnomo selaku Head of School Computer Science dan Pak Rudy Hartono selaku Sekjur Sastra Jepang. Tema yang diangkat sangat menarik yaitu From Zero to Hero, dimana masing masing pembicara berbagi cerita mengenai perjalanan hidupnya yang penuh ujian dan tantangan dari pada saat awal karir mereka sampai dengan puncak karir mereka saat ini. Pak rektor mengatakan: “Hidup ini hanya sekali, teruslah berkarya dan bermanfaat bagi sesama dan selalu berfikir cerdas dan kreatif”, disambut dengan anggukan oleh Pak Freddy dan Pak Rudy, dimana mereka sepakat bahwa posisi mereka saat ini adalah bukan cita cita awal mereka; Mereka sama sekali tidak terbayang pada saat awal perkuliahan mereka namun seiring waktu berjalan dan dengan tekad dan semangat yang kuat serta tujuan yang jelas, maka mereka para nara sumber mengaku selalu bersungguh-sungguh dalam setiap tugas atau pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya. Mendengar wejangan/nasihat dari Pak Rektor, Pak Freddy dan Pak Rudy Hartono, para BC sontak langsung bertepuk tangan gemuruh karena mereka merasakan nasihat dari para Role Model BINUS sangat bermanfaat dan menginspirasi.

Freshmen Enrichment Program merupakan program yang diadakan oleh Binus University yang bertujuan untuk membantu para mahasiswa baru dalam beradaptasi di lingkungan perkuliahan. Program Fresmen Enrichment Program ini dijalankan oleh para mahasiswa yang disebut sebagai Buddy Coordinator (BC). Para Buddy Coordinator ini bertugas untuk mendampingi mahasiswa semester 1 dari jurusannya agar dapat beradaptasi dengan sistem perkuliahan yang ada di Binus University. Selain itu, para Buddy Coordinator ini juga bertugas untuk mengajar di dalam kelas dengan topik yang sudah ditentukan sebelumnya.

Freshmen Enrichment Program terdiri dari  3 bagian, yakni:

  • General Orientation bertujuan untuk membangun keakraban antar mahasiswa baru dan BC serta memperkenalkan lingkungan kampus.
  • Academic Orientation bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru dengan keterampilan belajar, memberikan konsep dasar dari materi kuliah,serta memperkenalkan organisasi Kemahasiswaan.
  • Campus Life Orientation bertujuan untuk membangun social awareness, pembinaan, pendampingan, dan konsultasi oleh Buddy Coordinator serta peningkatan kemampuan Bahasa Inggris.

Sebelum menjadi seorang Buddy Coordinator, para mahasiswa ini melalui proses seleksi yang cukup ketat dan menjalani psikotest serta wawancara yang dilakukan oleh Student Advisory Center (SAC). Selain itu, sebelum melakukan tugasnya, para Buddy Coordinator juga mendapatkan berbagai pelatihan untuk pengembangan softskill mereka dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Pelatihan yang diberikan kepada para Buddy Coordinator ini antara lain Effective Communication serta Public Speaking and Effective Presentation.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Buddy Coordinator, peran dan tanggung jawab para BC meliputi :

  1. Mendampingi Binusian 2016 selama proses adaptasi ketika berkuliah di BINUS University selama 1 semester
  2. Memperkenalkan aturan serta sistem yang berlaku di BINUS University
  3. Memperkenalkan lingkungan di sekitar kampus BINUS University
  4. Memberikan materi mengenai information literacy, self management, perkuliahan, ettiqutte and regulation, dll
  5. Membimbing para Binusian 2016 agar mampu mengikuti perkuliahan di tahun pertama mereka berkuliah
  6. Menjadi role model bagi para Binusian 2016.

Syarat menjadi BC :

  1. Binusian min. Semester 2
  2. Memiliki IPK min. 275
  3. Memiliki sertifikat Program Binusian : ( untuk Binusian 2013, dan Binusian 2012 khusus program ganda ) atau memiliki min. 85 point FEP ( untuk Binusian 2014 dan 2015 )
  4. Tidak pernah terkena sanksi akademis / ATTKK
  5. Lulus seleksi oleh SAC dan Jurusan

Sesi terakhir setelah sesi talkshow yaitu sesi yang sudah dinanti-nantikan oleh para BC dimana mereka dilantik langsung oleh Rektor BINUS University yaitu Prof. DR. Ir. Harjanto Prabowo., MM. Terlihat pada photo dibawah ini wajah senang dan bahagia mereka untuk ikhlas mengemban amanah yang telah diberikan oleh BINUS University sebagai pendamping adik-adik kelas Binusian 2016 selama 1 tahun kedepan.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close