People Innovation Excellence

Fransisca Dekarta

Dulu saya sering denger komen kalo jurusan-jurusan di Binus ga beda jauh, ujung-ujungnya komputer juga.

Gara-gara itu saya sempet bingung mau masuk jurusan yang mana lalu akhirnya saya masuk ke SI dengan pengetahuan yang masih minim banget alias gaptek.

Setelah kuliah kurang lebih 2 semester saya mulai tahu bedanya SI dengan jurusan-jurusan lain. Di SI, saya dapat banyak ilmu baru bukan cuma di komputer atau teknikal saja tapi terutama di analisis bisnis yang mana saat ini sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar maupun yang sedang berkembang.

Perusahaan-perusahaan saat ini banyak yang ingin melakukan transisi dari prosesnya yang lama (baik manual ataupun sudah menggunakan sistem) ke proses yang baru (baru mulai pakai sistem atau mau menggunakan sistem baru). Selama proses transisi itu, tahap analisis memegang peranan sangat penting dalam menentukan sistem seperti apa yang paling optimal bagi suatu perusahaan untuk bisa berjalan dengan lebih baik.

Selain kemampuan kognitif, SI juga memberikan kesempatan yang sangat luas bagi para mahasiswa untuk mengembangkan pengalaman mereka di luar ruang kuliah. Contohnya bagi teman-teman yang suka mengajar, dibuka kesempatan untuk menjadi Part Timer Assistant di Lab SisFo (Laboratorium Sistem Informasi) di mana teman-teman bisa mengajari mahasiswa-mahasiswa lain sembari kuliah (di sini kita bisa berlatih gimana berkomunikasi dengan baik di depan orang banyak, gimana membagi waktu antara kuliah dengan kerja), jalur internship/magang untuk skripsi di perusahaan-perusahaan (di sini kita bisa ikut terlibat langsung dengan proses bisnis suatu perusahaan dan menjadikannya sebagai bahan skripsi kita), lomba-lomba tingkat internasional (bisa ke luar negeri gratis lho…^.^), beasiswa ke luar negeri, dan masih banyak lagi.

Tidak cuma sampai situ, SI masih dikategorikan lagi ke dalam beberapa peminatan. Di sini teman-teman akan diarahkan ke bidang-bidang yang lebih spesifik yang menjadi minat dan bakat teman-teman. Beberapa peminatan yang ada adalah : Corporate Information System (bagi yang suka me-manage dan merencanakan bisnis), Business Inteligence dan Applied Oracle (bagi yang suka database), E-Commerce (bagi yang suka web development), dan Applied ERP (bagi yang ingin mendalami proses bisnis perusahaan secara keseluruhan). Untuk peminatan Applied Oracle, Binus bekerja sama dengan salah satu perusahaan IT terbesar yaitu Oracle dan Applied ERP dengan SAP (Vendor ERP terbesar saat ini). Masih bingung?? Ga masalah, kalau penasaran dan tertarik ayo join kita di Sistem Informasi Binus University. Get the best out of you… ^.^v

Fransisca Dekarta – BINUSIAN 2011

Junior Analyst, M-One Consultant

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close