People Innovation Excellence

Wakili Asia, BINUS Juara Dua Kompetisi Bisnis IT

Universitas Bina Nusantara (BINUS University) meraih juara kedua APEX Business-IT Global Case Challenge yang digagas oleh Singapore Management University (SMU) di Singapura, 29 April – 3 Mei 2012 lalu. Binus diwakili oleh tim Biztech sebagai satu-satunya wakil Asia dan Indonesia dalam babak final kompetisi yang mengedepankan studi kasus bisnis dalam dunia teknologi informasi.

Tim Biztech diperkuat oleh Rosmiyana dan Mesquita Handayani Prasetyo dari jurusan Sistem Informasi, serta Nia Utami Tirdanatan dari program Akuntansi-Sistem Informasi. Sebelum maju ke babak final, tim ini harus mengikuti tiga putaran kompetisi menghadapi 19 tim dari Hongkong, China, Thailand, Kanada, Amerika Serikat, Singapura, Hungaria, Denmark dan Qatar.

Pada putaran pertama, Biztech bergabung dalam divisi satu dengan empat tim lainnya, yakni East China Normal University (China), Shantou University (China), Universitas Gadjah Mada (Indonesia) serta Hongkong University of Science and Technology (Hongkong).

“Untuk melalui putaran pertama, para peserta diberikan studi kasus dari sebuah perusahaan untuk kemudian dicarikan solusinya. Untuk menyelesaikan studi kasus ini, para peserta dikarantina selama 24 jam dan tidak dapat berkomunikasi dengan pembimbing mereka,” ujar Rosmiyana di Jakarta, Selasa (8/5/2012).

Lolos dari putaran pertama bersama 11 tim lainnya dari empat divisi, Biztech masuk ke babak semi final. Di babak ini, 12 tim dibagi menjadi dua divisi. Biztech bergabung dengan 5 tim lainnya, yakni Shantou University (China), Hongkong University of Science and Technology (Hongkong), Mahidol University International College (Thailand), Kwantlen Polytechnic University (Canada) dan Copenhagen Business Schoool (Denmark).

Sampai di babak ini, tim Biztech kembali lolos dan berhak maju ke grand final bersama tiga tim lainnya, yaitu Simon Fraser University (Kanada), Kwantlen Polytechnic University (Kanada), dan HEC Montreal (Kanada). Namun, Biztech harus puas menempati posisi kedua. Adapun juara pertama diraih oleh Kwantlen Polytechnic University, sementara Simon Fraser University menempati urutan ketiga.

“Tentunya ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru terutama di bidang bisnis. Nantinya, ilmu inilah yang kami terapkan dalam kehidupan sehari-hari saat masuk dalam dunia kerja,” ujar Rosmiyana.

“Persiapan kami dimulai dengan latihan studi kasus dalam Information Systems Case Study Club. Tim kemudian berlatih intensif selama tiga hari sebelum keberangkatan,” tambahnya.

Adapun APEX Business-IT Global Case Challenge 2012 bertema social media ini merupakan kali ketiga Binus menjadi peserta. Pada kompetisi tahun 2010, Binus University hanya masuk sampai peringkat 16 besar. Pada 2011, Binus berhasil memperbaiki peringkat dan bertengger di posisi 8 besar.

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/08/19352095/Wakili.Asia.Binus.Juara.Dua.Kompetisi.Bisnis.IT


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close