People Innovation Excellence

Database Systems : A Practical Approach to Design Implementation, and Management 5th Edition


Thomas Connolly dan Carolyn Begg (2010)- Pearson Education.

ISBN 978-0-321-60110-0

By : Tanty Oktavia

Perkembangan teknologi informasi yang berlangsung saat ini telah menjadikan database sebagai framework dalam pembentukan sistem informasi pada suatu perusahaan dan secara langsung mengubah cara pengoperasionalan proses bisnis yang berjalan dalam suatu perusahaan menjadi lebih terintegrasi dan terstruktur dengan baik. Pemahaman mengenai konsep database sendiri tentu saja sangat dibutuhkan bagi seorang mahasiswa, pengajar, ataupun praktisi agar memperoleh perspektif yang lebih mendalam mengenai pentingnya pengimplementasian database dalam suatu perusahaan.

Buku Database Systems ini, merupakan salah satu buku yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dalam bidang database. Buku yang terdiri 9 pokok bahasan yang tersusun dari 35 bab ini memberikan uraian yang cukup mendalam mengenai database. Tidak hanya membahas mengenai teori, namun juga praktek langsung dalam kasus-kasus yang sering dihadapi dalam dunia nyata, juga tersaji dalam buku ini, sehingga pembaca dapat memperoleh gambaran secara jelas terhadap problematika yang sering terjadi dalam dunia teknologi informasi yang mengaplikasikan database di dalamnya.

Pokok bahasan yang diuraikan dalam buku ini, terdiri dari beberapa topik, diantaranya : latar belakang database, model relasional dan bahasa database, analisis dan perancangan database, metodologi dalam perancangan database, permasalahan dalam database, distributed database, object DBMS, Web dan DBMS, serta Business Intelligence. Dimana masing-masing topik tidak hanya membahas konsep, tapi juga dilengkapi dengan soal-soal latihan yang dapat membantu pembaca dalam mengevaluasi pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari.

Dalam perancangan database, Connolly dan Begg membagi tahapan perancangan database secara khusus menjadi tiga tahapan utama, yaitu conceptual, logical, dan physical. Masing-masing tahapan dilakukan secara berurutan, sehingga hasil akhir yang diharapkan adalah memperoleh database yang sesuai dengan kebutuhan suatu organisasi/perusahaan serta dapat mengatasi permasalahan yang sering dihadapi perusahaan. Secara umum buku ini lebih cenderung membahas mengenai perancangan model basis data yang bersifat relational, sehingga pembaca akan lebih terfokus pada konsep tersebut.

Representasi model database yang dihasilkan pada tahapan perancangan, digambarkan secara nyata dengan menggunakan UML (Unified Modeling Languages) class diagram, sehingga akan lebih baik apabila mahasiswa yang mengambil matakuliah ini, sebelumnya telah memiliki pengetahuan dasar mengenai penggambaran diagram-diagram dengan menggunakan notasi UML .

Konsep khusus yang membedakan buku Database System edisi ke -5 ini dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya, terbagi menjadi beberapa pembahasan berikut :

–          Arsitektur database dan Web, pada bab ini dijelaskan mengenai arsitektur database secara lebih rinci dan mendalam lagi, sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini.

–          Bahasa Transact SQL, SQL Programming language (SQL/PSM), stored procedures, dan Triggers

–          Pembahasan mengenai beberapa teknologi pendukung, seperti Service Oriented Architectures (SOA),  Java persistent mechanism, Java Persistence API ( JPA ), .NET 3.5, XML, SPARQL, XQUERY 1.0 dan XPath 2.0

–          Pengembangan konsep data warehouse, OLAP, data mining

–          Contoh pembahasan dengan menggunakan SQL:2008, DBMS Oracle 11i, dan Microsoft Office Access 2007

–          Pembahasan mengenai professionalisme, legal, dan masalah etik yang berkaitan dengan database

Buku ini direkomendasikan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa-mahasiswa yang mendapatkan matakuliah yang berorientasi pada database, seperti Pengantar sistem basis data, Sistem Basis Data, Manajemen Basis Data, dan Perancangan Basis Data. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam menghadapi praktek langsung dalam dunia kerja.

Selamat membaca dan menelusuri dunia database, semoga dapat menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat bagi dunia pendidikan serta dunia kerja.


Published at :
Leave Your Footprint
  1. permisi mau tanya beli buku seperti ini dimana ya ? saya ingin beli buku seperti ini, boleh kasih referensi beli bukunya dimana.
    makasih

    • Hi,
      Bisa dicari di Kinokuniya atau Spektra

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close